23 Agustus 2009

Tips naek bus Malang_Jkt

.Berawal dari keseringan saya (dulu) pulang pergi (P.P.) Malang-Bogor naik bis hanya untuk sekedar apel dan temu kangen ke kekasih saya tercinta. Untuk itu saya harus menempuh perjalanan dengan bis sekitar 20 jam-an atau berjarak sekitar 900 km. Waktu yang cukup panjang untuk naik bis. Di masa yang sekarang ini di mana BBM harganya semakin tinggi akhirnya berimbas juga pada mahalnya tarip bis untuk Malang-Jakarta- Bogor, yaitu sebesar Rp215.000,- (untuk Pahala Kencana). Apalagi akhir-akhir ini bis Malang-Jakarta larinya alamak....kayak keong. Nyampainya juga sering terlalu siang.

Sebagai mahasiswa yang uang saku/jajannya serba pas-pasan saya dituntut untuk bisa membagi jatah uang bulanan demi kelangsungan hidup. Angka Rp215.000 Malang-Bogor P.P. kalau kelipatanya saja berarti hampir mendekati angka setengah juta. Wow, hanya demi cinta rela keluar uang segitu!? Iya itulah cinta, cinta dengan sang kekasih dan cinta dengan bis juga.

Nah, berikut tips murah naik bis dari Malang-Jakarta dan juga Bogor

1. Berangkat dari Malang ke Surabaya> maksimal jam 10.00 pagi (mengingat Raya Porong yang tidak bisa diprediksi, kadang lancar-kadang macet). Tarip Bis Patas Malang-Surabaya ekonomi Rp15.000,-. Boemel reguler non patas/ac tarip biasa Rp8.000,-. Kalo saya sih biasanya naik Patas tapi bilang sama kondekturnya penumpang langganan (LG) jadinya kena Rp10.000 saja.

2. Sampai di terminal Purabaya, Bungurasih, Surabaya harus segera naik bis tujuan Kudus-Semarang. Maksimal jam 12.00 wib bis harus sudah berangkat. Bayar karcis di dalam bis dan minta turun di terminal Kudus. Tarip Bis Patas Surabaya-Kudus Rp40.000,- (tanpa makan). Boemel reguler non patas/ac tarip biasa Rp30.000,-. Kalo saya sih naik Jaya Utama AC tarip biasa yang berangkat jam 11.45 wib. Sopir nya juga suka ngeblonk! Kadang juga naik Patas. Tidak mesti, tergantung mood.

3. Sampai di Kudus, turun depan terminal. Harus sampai di terminal Kudus sebelum jam 17.30 wib. Nah, saat di pintu masuk bis Anda akan didatangi banyak calo yang menawarkan. Dan di sana sudah menunggu bis-bis yang akan membawa penumpang ke arah Jakarta, Bekasi, Cikarang, Poris, Merak, dan sekitarnya. Bagi yang mau ke Bandung juga ada. Berbagai pilihan PO dan armada serta karoseri ada. Scania, MB, Adiputro, Executive apa SE nya Nusantara? Tinggal pilih, mana yang Anda suka. Sesuaikan dengan selera dan budget Anda. Tujuan jakarta ada PO Nusantara, Pahala Kencana, Haryanto, Muji Jaya, Senja Furnindo, Bejeu, Shantika, Gajah Asri Raya, Lorena, Budi Jaya, Sido Rukun, Selamet, Dewi Sri Asri, Sumber Harapan, Tri Sumber Urip, Bayu Megah, Jaya Bakti Super, Artha Jaya atau yang lain, yang tidak saya sebutkan? Harga tiket tujuan Jakarta dengan bis kelas eksekutif dan SE bervariasi kisaran Rp70.000-Rp130. 000. Tergantung ramai sepinya penumpang dan kena calo nya siapa. Kelas eksekutif fasilitasnya hampir sama. Yang jelas ber AC dan toiliet. Dari Kudus ke Pulo Gadung kisaran Rp70.000-Rp80. 000,- Rawamangun Lebak Bulus, Mangga Dua dan Besar Rp90.000,-Rp130. 000,-. Bis tujuan Pulogadung, Jakarta lebih murah. Memang pasaranya segitu. Bisnya juga seatnya Patas ada yang sampai 40 tempat duduk, tapi pake toilet, kayak Haryanto. Jam 21.00 wib terminal Kudus sudah sepi. Bis Kudus larinya rata-rata ngebut semua. Kalau saya sih pilih naik Bejeu yang MB 1525 Adiuptro, fasilitas oke, duduk di depan, ongkos Rp80.000,- makan prasmanan di RM Bukit Indah, Batang. Bisnya larinya, alamak....mak nyusss...ngebut namun setirannya tetap nyaman. Fasilitasnya juga OKE. Snack, selimut, LCD, toilet, dan hiburan...masih bersama Monata! . Dan yang paling penting larinya alamak....mak wwuussss.... Puas rasanya. Saya sudah coba Nusantara, Haryanto, Bejeu, Senja Furnindo, Shantika, dan Muji Jaya. Lainya belum.

4. Sampai Jakarta masih subuh sekitar jam 04.00-05.15 wib. Tidak terlalu dini hari dan juga tidak kesiangan. Lumayan bagi yang jam 08.00 wib masuk kantor masih ada waktu. Kalo saya pas naik Bejeu sampai Jakarta pukul 04.00 wib turun di Gudang Garam, Cempaka Putih. Nyabrang jalan nunggu bis apa aja pokoknya yang mau ke Bogor Rp10.000, naik dari pintu masuk tol Cempaka Putih.Jadi, Malang-Sby Rp10.000,- Sby-Kudus Rp30.000,- Kudus-Jakarta Rp80.000,- ditambah Jakarta-Bogor Rp10.000. Total habis biaya naik bis Rp130.000,- Semuanya ber AC. Namun, itu semua belum termasuk uang saku buat jaga-jaga di jalan. Akhirnya sampai juga di Jakarta/Bogor dengan biaya yang tidak menyentuh angka Rp200.000,-an ditambah keturutan dapat sensasi naik bis banter. Dan biasanya pagi hari nya saya menghubungi seorang calo terminal Kudus langganan saya. Beliau siap membantu. Tinggal pengen naik apa dan duduk di mana. Prinsip saya kalo ada yang lebih murah, fasilitas hampir sama, dan larinya ngebut kenapa tidak? Dari pada bayar mahal fasilitas hampir sama tapi larinya tidak ngebut dan nyampainya siang. Bagaimana dengan perjalanan Anda?

Tidak ada komentar: