23 Agustus 2009

Trek Medan-Pekanbaru

Salam touring buat rekan-rekan pecinta bus semua. Sekedar berbagi pengalaman touring, bukan di Pulau Jawa melainkan di pulau Sumatera. Kali ini saya mencoba dan merasakan rute Medan-Pekanbaru. Saya percayakan kepada otobis CV Makmur kelas Super Eksekutif. Ongkos naik bis sekali jalan antara Medan hingga Pekanbaru Rp195.000,-

Pekanbaru sore itu
Saat itu pukul 17.30 wib final inspection di hotel tempat saya menginap, karena jam 18.00 wib harus check out. Setelah menyerahkan kunci kamar ke FO, saya menyempatkan diri untuk berkenalan dan berbincang dengan pemilik hotel sembari foto-foto hotel tempat saya menginap.

18.30 wib, saya memanggil tukang Betor (Becak Motor) yang berada disudut jalan, untuk diantarkan ke agen bus CV Makmur di kawasan Amplas Kota Medan. Sepanjang jalan menuju kawasan Amplas sayapun berbincang dengan pengemudi becak yang rupanya asli orang Purwokerto yang sudah lama tinggal d Medan.

19.05 wib memasuki kawasan Amplas. Di sana banyak dijumpai tempat penjualan tiket bus atau travel, semacam agen biro perjalanan. Diantaranya ada agen PO Almaasar, PMH, Medan Jaya, PO. ATS dan masih banyak lainnya. Sempat membuat saya tertegun saat saya menjumpai bus-bus model jaman dahulu kala. Semacam bis chasis MB OH-1518 dengan model bodi yang jarang dijumpai, Mercy Banteng, Mercy body GMM pun saya jumpai.

19.10WIB tiba di agen bis CV Makmur. Rupanya sudah ramai dengan calon penumpang maupun yang mengantar. Setelah laporan kepada petugas cheker tiket di bagian loket, saya menuju halaman belakang yang ternyata sudah berjajar 4 unit bis CV Makmur di shelter pemberangkatan. Bis-bis CV Makmur itu akan mengantarkan penumpang menuju kota Dumai, Duri, Bangkinang dan beberapa kota tujuan lainnya.

Malam semakin larut, penumpang pun semakin ramai terlebih jam keberangkatan bus tidak terlalu jauh. Bis Makmur terbagi 3 kelas: Non AC, Super VIP (2-2), Super Eksekutif (2-1) yang armadanya ada juga yang menggunakan chasis Volvo B7R.

Satu persatu bss Makmur mulai datang dan memasuki shelter pemberangkatan. PO Makmur lebih dominan menggunakan Mercedes Benz OH-1518,OH-1521 dan 2 unit Volvo untuk kelas SE. Namun sayang bis Volvo milik CV Makmur sedang tidak jalan. Info dari rekan pecinta bus Ferry Aditya (Motulu) Pekanbaru maupun petuhas security CV Makmur Bang Syahria, satu unit sedang di Karoseri Cipta Karya Medan guna perbaikan bodi dan satu unit sisanya ada di bengkel Indo Truck Pekanbaru menunggu sparepart dari Jerman. Padahal bis Volvo yang masuk bengkel sudah semenjak pertengahan Desember 2008.

20.05 WIB bus yang akan saya naiki pun datang dan parkir di shelter pemberangkatan. setelah saya selidiki ternyata bus yang saya naiki MB OH-1518 berbalut bodi Millenium karoseri Rahayu Sentosa. Menempel angka 18 pada pintu penumpang dengan model geser ini.

Memasuki ruangan kabin, saya bergegas untuk menaruh menaruh tas dan jaket pada seat yang tertera di tiket yaitu seat 15 (seat tunggal paling belakang). Seat tunggal yang dilengkapi legrest, bantal, selimut tebal, snack, minuman mineral adalah fasilitas yang saya dapatkan.

20.30 wib bis berjalan dari shelter pemberangkatan dan saat akan keluar agen, ada seorang penumpang yang tertinggal sehingga bus berhenti sebentar. Keluar agen, bus berputar arah menuju arah Tol Tj.Morawa.sepanjang jalan menuju arah tol,bus sempat beberapa kali untuk mencari penumpang cap RR-an dengan resiko duduk di smoking area.2 penumpang R-Ran pun masuk ke dalam bus melalui pintu belakang.

ada yang berbeda yang saya temui, jika biasanya bus2 malam di jawa berangkat dengan 2supir 1 kernet di bus yang saya naiki berangkat dengan 1 supir dan 2 kernet.

20.45 WIB bus memasuki tol Tj.Morawa setelah sebelumnya terjebak kemacetan karena ada pembangunan flyover.supir pun memacu kendaraan ada kecepatan 80-100 km/jam.

21.07 WIB memasuki kawasan LubukPakam,sempat bertemu dengan bus Medan Jaya body RS Evo.Tidak banyak lawan yang ditemui hanya truck2 kayu maupun kontainer.

21.15WIB masuk POM untuk membeli solar.total dana yang harus keluar sebesar 650rb

bus melanjutkan perjalanan ditemani suasana malam itu yang mulai gerimis.karena suasana yang demikian nyaman, ditambah kelihaian supir memacu kendaraan,membuat saya terlelap karena kelelahan... ZZZzzzzz

22.30WIB sempat terbangun karena bus berhenti ditengah perkebunan kelapa sawit daerah Kisaran.ternyata AC bus mengalami masalah.dalam hati sempat dongkol("koq bus SE ada problem gini?apa ngga dicek dulu?") kurang lebih 10 menit probelm dapat diatasi,bus kembali melanjutkan perjalanan setelah sebelumnya di blong Makmur tujuan DUMAI
dan po Kurnia.kembali saya terlelap.... .

7.05WIB ternyata sudah pagi dan melihat ke jendela, ternyata memasuki kawasan dumai disambut dengan hujan yang cukup lebat.bus berhenti di simpang dumai-medan untuk menurunkan 2 penumpang R-Ran selanjutnya tncap gas.dari sini,terasa supir terus menginjak gas untuk mengejar waktu masuk ke Pekanbaru ataupun mengejar bus Makmur
VIP dan Pelangi.Sempat terlihat bus pelangi dan makmur yang tadi menyalip bus saya, namun lama kelamaan mereka hilang diantara guyuran hujan yang semakin lebat memasuki kawasan lintas Dumai-Duri.

9.05WIB masuk RM Setia Abadi untuk service makan.lumayan lah perut sudah keroncongan akhirnya diisi dengan menu nasi padang lauk ayam goreng.selesai makan, sempat mengabadikan bus yang saya naiki dengan CamDig sampai akhirnya
"Baterai Habis".ah sial padahal mau foto bus makmur SE yang lain T_T.sempat juga terlihat bus Intra, Kurnia melaju ke arah pekanbaru dan bus kurnia lain ke arah medan.

9.30WIB bus melanjutkan perjalanan dengan meninggalkan bus makmur SE lain.

Lepas RM, memasuki kawasan "RollCoaster" Minas.Mengapa demikian?karena sepanjang jalan ini, jalan hanya terdiri dari 2 jalur(mirip track Bulu-Bancar Tuban),berkelok2 dan diselingi tanjakan dan turununan yang cukup ekstrim menuntut kepiawaian dari supir.Tak hanya itu, sepanjang track ini terdapat hamparan kebun kelapa sawit dan check point Tambang minyak milik PT.Chevron. bus dipacu cukup kencang untuk melibas kawasan ini, jarang2 pedal rem diinjak kalau tidak terlalu penting...alamak. ...serasa naik jet coster darat negh.....apalagi supir makin injak gas ketika melihat bus PMH didepan
yang ngga mau ngalah....bisa dibayangkan balapan pagi hari itu, dengan kawasan yang ekstrim dan kondisi jalan yang basah karena hujan terus mengguyur.Akhirnya PMH berhasil dilewati.tak lama kemudian saya melihat ke depan, ternyata ada
si IJO terjepit di antara truck pengangkut kayu.Mungkin melihat ada bus makmur di belakang, si ijo berusaha untuk terus melaju sampai akhirnya bus saya menempel dibelakangnya. Si ijo ini memakai baju RS-Evo.aksi ini terus berlanjut sampai akhirnya
si ijo berhenti untuk masuk ke agen kecil di kawasan Minas.Pas bus saya menyalip si ijo terlihat kode bus dan jurusannya LE 190 Medan-Palembang. karena panjangnya kawasan rollcoaster ini, membuat saya kembali terlelap.... .sampai akhirnya
saya terbangun dan melihat ke luar ternyata sudah memasuki kawasan SIAK II yang artinya sebentar lagi saya harus turun.dan benar saja,sang kernet 2 mulai menanyakan penumpang yang akan turun di Jl Riau Ujung (Simpang) dengan menyerahkan
kartu bagasi jika memang ada barang dibagasi.bus mulai melambat dan berhenti di kawasan simpang/riau ujung untuk menurunkanpenumpang termasuk saya,sebelum turun saya ucapkan terima kasih kepada sang supir dan sang kernet.

1 perjalanan yang ngga akan bisa dilupakan,Mercy Jadul, Kelas SE, 6 deret, jalan yang penuh tantangan sungguh mengasikkan. ....